-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

Apa itu Malware? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

11/11/19

Pengertian Malware
Apa itu Malware? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya - Buat kamu yang sering menggunakan komputer dan internet pasti pernah mendengar istilah Malware. Malware (yang berasal dari kata Malicious dan Software) adalah sebuah program jahat yang dirancang untuk menyusupi dan merusak sistem komputer, sistem android, server atau bahkan jaringan komputer yang kamu pakai untuk internetan. Malware akan menginfeksi dan mencuri data atau informasi yang diinginkan si pembuat.

Malware adalah istilah inklusif untuk semua jenis program berbahaya seperti: Virus, Worms, Trojans, Rootkit, RATs, Botnet, Spyware, Adware, Ransomware, Crimeware dan lain sebagainya. Walaupun sebenarnya ada sedikit perbedaan di antara Malware, Virus dan Trojan, namun tujuannya tetap sama yaitu merusak.

Malware biasanya disusupkan melalui jaringan internet. Pembuat akan menyisipkan program Malware melalui email atau situs web. Dalam kebanyakan kasus, banyak pengguna yang terdampak Malware ketika beraktifitas ilegal seperti download di sembarang situs. .

Malware pada umumnya memiliki tujuan sebagai berikut:
  1. Memberikan kontrol jarak jauh bagi si pembuat terhadap sistem yang terinfeksi.
  2. Memantau jaringan lokal yang digunakan target.
  3. Mencuri data dan informasi pribadi target.
Bukan cuma itu, Malware bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih jahat, seperti menggunakan informasi pribadi target untuk pembobolan pasar gelap, menginduk data selundupan, bahkan bisa dimanfaatkan untuk memeras target.

Malware juga tidak hanya dimanfaatkan untuk menyerang sistem komputer atau android, tapi juga dimanfaatkan untuk menyerang website. Biasanya website yang terjangkit malware cenderung menampilkan iklan-iklan yang tidak relevan. Bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan website tidak dapat diakses pengguna internet seperti pada gambar dibawah.

Arti Malware

Hal ini bisa terjadi karena si pengguna mendownload theme/template secara ilegal di sebuah website yang tidak terpercaya pula, dimana di dalam theme tersebut disisipkan malware yang dapat menyebabkan data dan informasi pada website tersebut bocor.

Plugin bajakan yang sembarangan di-download juga kemungkinan terkandung kode Malware di dalamnya. Jadi, disarankan untuk berhati-hati ketika download theme atau plugin bajakan di internet. Saya selalu menganjurkan untuk membeli theme atau plugin berbayar. Walaupun berbayar, setidaknya kamu terhindar dari resiko terdampak Malware.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk pengguna komputer yang terdampak Malware bisa menggunakan program anti-virus atau anti-malware yang bisa kamu download di internet. Saya menyarankan kamu untuk menggunakan software Malwarebytes Anti-Malware atau Malwarebytes Cybersecurity dan lakukan scan komputer secara berkala.

Silahkan download disini: Download Malwarebytes Anti-Malware Full

Untuk pengguna website yang terdampak malware, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Bagi kamu yang menggunakan Wordpress, bisa menggunakan plugin Wordfence atau tool bernama Sucuri.

Sayangnya, sampai hari ini dimana artikel ini terbit, saya belum menemukan cara mengatasi malware untuk pengguna platform Blogger/Blogspot. Sebelumnya pun ada website saya yang terdampak malware dan akhirnya tumbang karena tidak ada solusi yang bisa dilakukan.

Baca Juga
Share This :

0 comments