-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui - Dalam serial Game of Thrones, Jon Snow adalah salah satu karakter yang paling dicintai fan di seluruh dunia. Tindakannya yang berani dan heroik merupakan ciri khas dari anak "haram" dari Utara ini. Saya pribadi menyukai perkembangan karakter Jon Snow. Dari seorang pelayan Night's Watch, berkembang pesat hingga menjadi pemegang klaim terbesar di semesta Game of Thrones. Intinya siapapun pasti suka Jon Snow!

Nah, berikut ini saya hadirkan beberapa fakta menarik tentang Jon Snow. Tentu saja, fakta-fakta berikut ini mengandung spoiler. Mungkin bisa saya katakan SPOILER BERAT! Jadi, resiko tanggung sendiri.

1. Mewarisi Longclaw
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Longclaw adalah salah satu pedang Valyrian Steel (Baja Valyrian) yang diwarisi turun-temurun di House of Mormont. Pemegang sebelumnya adalah Jeor Mormont, Lord Commander Night's Watch sebelum Jon.

Jeor memberikan Longclaw karena merasa Jon pantas. Bahkan pedang ini diberikan saat Jon masih menjadi pelayan.
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Pedang ini seharusnya dipegang Jorah Mormont, anak sulung Jeor yang saat ini mengikuti Dany. Namun setelah Jorah mengasingkan diri dari Utara, pedang ini kembali ke tangan Jeor dan akhirnya diwariskan ke Jon.

Oh iya, di Season 7 episode 6, Jon sempat berniat mengembalikan Longclaw kepada Jorah. Namun Jorah sudah memasrahkannya karena bagaimanapun juga Longclaw sudah jadi milik Jon.

2.  Bukan Lord Commander Termuda
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Seperti yang kita tau, Jon Snow mendapat gelar Lord Commander di usia yang masih sangat muda. Prestasinya di Night's Watch membuat sebagian orang di Night's Watch menghormatinya dan akhirnya memilihnya sebagai Lord Commander menggantikan Jeor Mormont yang meninggal.

Tapi tahukah kamu? Jon Snow bukanlah Lord Commander termuda dalam sejarah. Lord Commander termuda dipegang oleh Osric Stark, (mungkin) leluhur House of Stark yang menjabat sebagai Lord Commander di usianya yang ke-10 tahun! Bahkan kepemimpinannya di Night's Watch bertahan hingga 60 tahun lamanya.

3. Arti Nama Belakang "Snow"
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Perlu kamu ketahui, seorang anak "haram" di Westeros tidak diperbolehkan menyandang nama belakang sang ayah. Dalam hal ini, Jon Snow dan Ramsay Snow (anaknya Roose Bolton) adalah dua yang diketahui menyandang nama Snow. Snow adalah nama belakang untuk setiap anak haram yang lahir di Utara. Kemudian Hill untuk anak haram yang lahir di Westerlands, Stone untuk anak haram yang lahir di Vale of Arryn, dan Sand untuk anak haram yang lahir di Dorne.

4. Pernah Mati
Tindakan Jon memperbolehkan The Wildlings masuk ke The Wall membuat sebagian anggota Night's Watch geram. Termasuk Alliser Thorne, Bowen Marsh dan juga Olly yang orang tua-nya dibunuh kaum Tenn dan wildlings.

Meskipun tujuannya baik (yakni untuk mempersiapkan diri untuk peperangan yang akan datang menghadapi White Walkers), namun hal ini tidak semerta-merta membuat Alliser dkk luluh. Justru mereka semakin bertekad bulat untuk menyingkirkan Jon.
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Dengan skenario ditemukannya Benjen Stark, Olly menggiring Jon menuju kematian. Jon disebut sebagai pengkhianat dan ditikam berkali-kali oleh beberapa saudara sesama anggota Night's Watch. Kematian Jon pun sempat dianggap sebagai "Kematian Paling Tragis dan Mengejutkan" setelah peristiwa Red Wedding menurut para fans. Menurut saya pun sama. Tragis. Sayangnya....

5. Dibangkitkan oleh Melisandre
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Kematian Jon Snow tentu membuat para fans kecewa, marah, dan menangis. Termasuk saya yang marah. Tapi rupanya tim penulis sudah mempersiapkan plot yang menarik. Kehadiran Lady Melisandre di Castle Black, rupanya terkait dengan takdir.

Dengan rapalan mantra, Melisandre berhasil menghidupkan kembali Jon Snow! Kebangkitan Jon lantas mematahkan spekulasi Melisandre bahwa orang yang dipilih Lord of Light adalah Stannis Baratheon.

6. Menanggalkan Gelar Lord Commander dan Sumpahnya Terhadap Night's Watch
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Setelah memutuskan untuk menggantung Alliser, Olly, dan beberapa orang yang menikamnya, Jon memutuskan untuk menanggalkan gelar dan sumpahnya. Jon kemudian memberikan gelar Lord Commander kepada teman setianya, Edd.

7. Dipilih Sebagai Raja Utara (King in the North!)
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Setelah pertempuran Battle of Bastards yang melibatkan Jon dan Ramsay, Jon dipilih sebagai Raja Utara yang baru. Terima kasih untuk Lyanna Mormont dari House of Mormont yang sudah meyakinkan para Lord lainnya xD

Hal uniknya adalah Jon tidak pernah menginginkan hal ini (sebenarnya). Flashback ke Season 1, ia bahkan enggan makan malam bersama tamu dari King's Landing karena merasa anak haram tidak berhak berada di sekitar raja. Secara tidak langsung menegaskan bahwa ia tidak menginginkan tahta.

Akan tetapi, Jon tetap menerimanya karena dia merasa bertanggung jawab dan dipercaya untuk memikul beban ini.

8. Jon Snow Bukan Anak Haram
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Selama ini kita tahu bahwa Jon Snow adalah anak haram yang lahir dari darah daging Ned Stark dan seorang perempuan yang tidak dikenal sebagai ibunya. Namun pada Season 6 Episode 10, terungkap bahwa Jon Snow adalah anak dari saudari Ned, Lyanna Stark yang sempat disinggung sebagai orang tercantik di Westeros. Dengan kata lain, Jon sebenarnya adalah keponakan Ned Stark!

9. Jon Snow Seorang Targaryen
Nah! Ini mengagetkan. Jon rupanya seorang Targaryen blasteran Stark. Pada fakta sebelumnya disebutkan bahwa ibu Jon adalah Lyanna Stark. Tapi, siapakah ayahnya?
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Ayahnya adalah kakak dari Dany/Daenerys Targaryen, yaitu Rhaegar Targaryen yang juga merupakan pangeran kerajaan. Mereka berdua menikah diam-diam. Padahal seharusnya Lyanna dijodohkan dengan Robert Baratheon. Pernikahan diam-diam inilah yang akhirnya memicu pecahnya pemberontakan yang dilakukan Robert Baratheon.

Btw, fakta ini diungkapkan Brandon Stark yang sudah melihat masa lalu dengan kemampuan three-eyed raven-nya. Tentu saja dengan bantuan informasi tambahan dari Sam.

10. Mewarisi karakteristik Stark
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Meskipun merupakan keturunan Targaryen yang berambut perak dan wajah yang kayak bule, Jon tidak mewarisi karakteristik tersebut dan justru lebih mirip ibunya, Lyanna. Wajah yang panjang, rambut coklat kehitaman. Kamu pasti setuju kalau Jon itu Stark banget!

11. Jon Snow Adalah Pewaris Iron Throne Paling Sah
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Seperti yang kita ketahui, Rhaegar Targaryen adalah seorang pangeran. Which is ketika Mad King mati, tahta akan diwariskan ke Rhaegar. Namun sayang, Rhaegar tewas ditangan Robert Baratheon yang memberontak pada Battle of the Trident, yang juga mengakhiri dinasti Targaryen. Di sisi lain Mad King juga terbunuh oleh Jaime Lannister.

Sudah jelas kan? Tahta seharusnya jatuh ke tangan Jon. Namun dia masih bayi dan nggak mungkin pula memegang tahta. Setidaknya untuk sekarang, Jon Snow atau Aegon Targaryen adalah yang paling berhak atas tahta. Bahkan melebihi klaim Daenerys Targaryen.

12. Nama Sebenarnya dari Jon Snow
Sebelum meninggal, Lyanna sempat memberitahukan Ned nama dari anaknya ini. Aegon Targaryen. Inilah nama asli dari Jon Snow.

Nama Aegon Targaryen mungkin sudah tidak asing lagi. Aegon adalah nama dari raja Targaryen pertama, sang pencetus dinasti targaryen yang hidup 300 tahun lalu. Uniknya, anak Rhaegar dari hasil hubungannya dengan Elia Martell juga dinamai Aegon. Kira-kira apa ya tujuan Lyanna memberikan nama tersebut?

13. Hubungan Jon/Aegon dengan Dany/Daenerys
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Pada episode final season 7 akhirnya memperjelas fakta bahwa Jon jatuh cinta pada Dany. Begitupun sebaliknya. Mereka memutuskan "bermain" di ranjang yang sama. Padahal, sebenarnya Jon adalah keponakan dari Dany! Ya, itulah hubungan mereka. Bibi dan keponakan. Jadi, mereka melakukan hubungan incest tanpa mereka ketahui.

Catatan: House of Targaryen tidak mengharamkan hubungan incest. Bahkan ibu dan ayah Dany adalah saudara sekandung. Entah bagaimana nantinya Season 8 mengarahkan hubungan Jon dan Dany setelah terkuaknya fakta bahwa mereka adalah keluarga.

14. Orang Pertama dari Westeros yang Bertemu dengan White Walkers dan Naga
Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum kemunculan naga (baca: anak) Dany dan White Walkers, kedua hal ini dianggap hanya legenda belaka dan sudah punah ratusan tahun lalu. Sampai akhirnya diperlihatkan Jon dan Sam Tarly yang berhadapan dengan White Walkers. Bahkan satu lawan satu.

Sam memang yang pertama satu lawan satu dengan White Walkers, akan tetapi Sam belum pernah melihat naga. Setidaknya, belum melihat dengan mata kepala sendiri. Namun, Jon sudah melihat keduanya, dengan mata kepala sendiri. Sudah jelas bahwa Jon adalah manusia pertama dari Westeros yang melihat dua legenda ini secara langsung.

15. Orang Pertama yang Menemukan Fakta Bahwa Selain Dragonglass, Kelemahan White Walkers lainnya adalah Baja Valyrian
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Pertempuran Hardhome adalah salah satu pertempuran yang paling menegangkan. Proses negosiasi antara Night's Watch dan Wildlings ini berujung dengan kemunculan White Walkers. Jumlah pasukan White Walkers yang bejibun membuat Jon dan kawan-kawan kewalahan.

Saya sempat berpikir Jon akan menjemput ajal disini, ketika melawan salah satu pimpinan (mungkin) dari White Walkers. Tapi rupanya spontanitas Jon mengayunkan Longclaw berhasil menghancurkan White Walkers.

Meskipun kehilangan banyak pasukan, setidaknya Jon mendapatkan informasi berharga tentang kelemahan baru White Walkers.

16. Memutus rantai kebencian The Wildlings
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Sejak bertemu Yggrite dan bergabung (sementara) dengan The Wildlings, pandangan Jon terhadap wildlings perlahan membaik. Ia merasa bahwa Wildlings hanya berusaha merebut kembali tanah mereka yang diduduki penduduk The Wall .

Akibat misi terselubung Jon bergabung dengan The Wildlings demi mengorek informasi, peperangan antara Night's Watch dan Wildlings pun pecah. Pertempuran yang merenggut nyawa Grenn dan Pyp. Jangan lupakan Yggrite yang juga tewas dipanah Olly si bocah ngeyel.

Singkat cerita, Mance Ryder dieksekusi Stannis dan Tormund dipenjara. Pada event inilah Jon menawarkan sebuah perdamaian dan rumah untuk kaum Wildlings . Tentu hal ini ditentang sebagian anggota  Night's Watch (which is ini yang menyebabkan Jon ditikam dan "mati"). Tapi Jon tetap kekeuh dan singkat cerita Jon mati dan bangkit lagi, kemudian hubungannya dengan Wildlings khususnya Tormund semakin membaik. Sampai akhirnya kini Tormund bertarung disamping Jon.

Intinya, Jon memutus rantai kebencian The Wildlings dan Night's Watch yang saling memerangi selama ratuhan tahun belakangan.

17. Runner Up Karakter yang Paling Disukai Fans
17 Fakta Jon Snow yang Harus Kamu Ketahui

Dalam beberapa survey yang diadakan di internet, Tyrion Lannister selalu menempati posisi pertama sebagai karakter yang paling disukai. Posisi kedua diisi Jon Snow, yang lantas akan dengan cepat menggeser posisi Tyrion dengan fakta bahwa dia seorang Targaryen. Setidaknya saya pastikan itu akan terjadi. Walaupun harus diakui karakter Tyrion memang layak dicintai.

Tambahan
Selain fakta yang ada di serial TV-nya, saya akan tambahkan beberapa fakta yang ada di buku novelnya. Pastinya akan berbeda dengan fakta yang ada di serial TV.
  1. Jon pertama kali muncul di buku ketika berusia 14 tahun. Berbeda dengan versi serial TV dimana Jon berusia 17 tahun, seumuran dengan Robb.
  2. Jon adalah seorang Warg. Di serial TV, Bran adalah satu-satunya anggota House of Starks yang diketahui seorang Warg. Akan tetapi, dibuku dijelaskan bahwa Jon mampu merasuki pikiran Ghost, direwolf peliharaannya. Biasanya ia memanfaatkan kemampuan ini untuk memata-matai Wildlings.
  3. Jon terpaksa bergabung ke Night's Watch. Jika di serial TV, Jon memiliki motivasi yang kuat untuk bergabung ke Night's Watch, berbanding terbalik untuk versi buku novel-nya. Jon diceritakan bergabung atas desakan Ned Stark yang memutuskan untuk menjadi Hand of the King. Ned berpikir ia tidak bisa membawa Jon dan juga tidak bisa meninggalkannya di Winterfell sebagai anak haram.
  4. Jon pertama kali bertemu Mance Ryder saat masih kecil. Mance Ryder dulunya adalah seorang Ranger dari Night's Watch yang tinggal di The Shadow Tower. Pada suatu waktu Mance mengawal Lord Commander Qorgyle ke Winterfell untuk menemui Lord Eddard Stark/Ned Stark. Dari situlah Jon kecil dan Mance bertemu. Berbeda dengan serial TV dimana Jon pertama kali bertemu Mance saat dibawa ke kamp Wildlings.
  5. Sigil (Simbol) Jon Snow adalah serigala putih. Kebalikan dari sigil Stark yang merupakan serigala abu-abu. Seorang anak haram dapat menggunakan sigil dari House-nya, tapi warna-nya harus diubah sesuai dengan hukum yang ada. Sejauh ini di serial TV kita belum lihat sigil Jon. Tapi setidaknya kita sudah mendengar julukan Jon, sang Serigala Putih/White Wolf.
  6. Robb Stark menjadikan Jon sebagai ahli warisnya. Di buku, sebelum peristiwa Red Wedding Robb menyatakan kepada semua pengusung panji-nya bahwa Jon akan menjadi ahli warisnya apabila ia mati. Dia menunjuk Jon karena memang hubungan Robb dengan Jon sangat baik. Pernyataan ini juga sebagai tanggapan atas menikahnya Sansa dengan Tyrion. Dengan Sansa yang menikah dengan Tyrion, kelak Sansa akan jadi Lady of Winterfell dan Lannister akan menguasainya. Kalau masalah pernikahan itu sih memang ada di serial nya ya.
Itulah beberapa fakta yang bisa saya kumpulkan dari serial, buku, dan internet. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu yang suka Jon Snow ya!



Baca Juga
Share This :

0 comments