-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook

1/10/20

Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook
Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook - Facebook adalah salah satu sumber trafik paling besar dari website ini. Sosial media satu ini memang merupakan tempat yang menyenangkan untuk mempromosikan blog atau website. Alih-alih cuma sekadar share link untuk meningkatkan trafik, anda juga bisa mendiskusikan konten anda dengan para pembaca secara langsung. Mereka bisa memberi saran, kritik, dan masukan dengan mudah.

Namun, pernah gak sih mengalami kejadian ini: Link blog atau website diblokir Facebook? Padahal kita sudah capek-capek menulis sampai lupa makan, mandi dan tidur. Pengorbanan yang malah dibayar dengan terblokir. Ini kejadian yang sering sekali dialami banyak blogger. Sebenarnya, pemblokiran link oleh Facebook hanya bersifat sementara. Hanya saja anda tidak akan tau kapan pemblokiran link blog-mu dibuka.

Kenapa Link Blog Anda Diblokir Facebook?
1. Share Link Secara Membabi Buta
Ini adalah kesalahan paling umum yang jarang disadari oleh blogger namun berdampak fatal. Seringkali kita mengirimkan banyak link artikel dalam waktu berdekatan (hanya selang beberapa menit bahkan detik) ke beranda atau berbagai grup. Facebook tidak menyukai hal ini dan sistem mereka akan mendeteksi perilaku tersebut sebagai spam.

Kesalahan ini jugalah yang pernah membuat link blog saya diblokir Facebook. Ketika itu saya melakukan share link beberapa artikel saya dalam rentang waktu kurang dari satu menit. Bahkan saya tidak menyertakan informasi tambahan selain link blog sehingga jelas perilaku ini dianggap sebagai spam. Saya tidak bisa membantah itu.

2. Konten Blog Anda Melanggar Standar Komunitas Facebook
Facebook punya kebijakan bernama Standar Komunitas yang menjelaskan hal-hal yang diizinkan dan yang tidak diizinkan ada di Facebook. Kebijakan tersebut melingkupi:
  • Tindak Kekerasan dan Kriminal
  • Keamanan
  • Konten yang Menyinggung
  • Integritas dan Keaslian
  • Menghormati Hak Kekayaan Intelektual
  • dan Permintaan Terkait Konten.
Silahkan baca penjelasan yang ada di Standar Komunitas dan pastikan konten anda tidak termasuk salah satu dari hal yang tidak diizinkan Facebook.

3. Link Blog Anda Dilaporkan Pengguna Lain
Yang satu ini juga sering terjadi. Jika kontenmu dianggap meresahkan, menganggu, atau kurang pantas oleh orang lain, mereka biasanya akan melaporkan link tersebut kepada Facebook. Facebook yang menerima laporan tersebut kemudian akan meninjaunya untuk melihat apakah laporan tersebut valid. Kalau iya, Facebook akan memberikan peringatan kepada anda dan anda tidak akan bisa mengirim link blog untuk beberapa waktu.

Melaporkan spam juga adalah salah satu hal yang sering saya lakukan. Eh, tapi saya malah spamming link artikel saya. Kena deh.

4. Link Blog Anda Mengandung Konten yang Berbahaya
Jika ketiga penyebab diatas bukan sesuatu yang dirasa menjadi penyebab permasalahan anda, maka mungkin yang satu ini adalah penyebabnya. Anda mungkin tidak menyadarinya, akan tetapi kemungkinan blog anda mengandung konten yang berbahaya seperti: phising, malware, scam, dan lain-lain. 

Masih terkait dengan Standar Komunitas, Facebook merancang kebijakan tersebut untuk melindungi hak-hak pengguna. Termasuk dari konten berbahaya semacam itu.

Lalu bagaimana jika link blog anda terlanjur diblokir? Tenang dan jangan panik dulu. Masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan blog anda. 

Cara Pertama: Mengajukan Banding Untuk Peninjauan Ulang
Cara ini adalah cara paling sederhana sekaligus ampuh untuk mengatasi link blog anda yang diblokir. Sebelumnya pasti anda menerima notifikasi yang menyebutkan bahwa postingan anda melanggar standar komunitas tentang spam.
  1. Klik pada notifikasi tersebut, nantinya anda akan diarahkan ke halaman Pesan Masuk Dukungan.
    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook
  2. Klik Lihat Opsi pada postingan yang dianggap melanggar dan klik Lanjutkan.
    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook

    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook
  3. Kemudian klik Lanjutkan dan Minta Peninjauan lalu klik Lanjutkan lagi.
    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook

    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook
  4. Selesai. Anda sudah mengajukan permohonan peninjauan ulang.
Jika sudah begitu, yang perlu anda lakukan adalah menunggu respon dari Facebook.

Cara Kedua: Mengisi Formulir Pengaduan Kesalahan
Jika cara pertama dirasa belum mendapat respon dari Facebook, anda juga bisa melakukan langkah kedua yaitu mengisi formulir pengaduan kesalahan. 
  1. Pertama, buka halaman https://developers.facebook.com/tools/debug/ dan isi kolom yang disediakan dengan link blog atau website anda. Lalu klik Debug.
    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook
  2. Kemudian akan muncul sebuah peringatan yang menandakan bahwa link anda memang diblokir. Klik beri tahu kami dan anda akan diarahkan ke halaman baru.
  3. Setelah itu, pada kolom yang disediakan, jelaskan bahwa link blog anda tidak melanggar Standar Komunitas dan tidak mengandung konten yang membahayakan.
    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook

    Kalau perlu scan blog anda melalui situs Sucuri SiteCheck dan screenshot hasilnya. Kira-kira begini hasil scan-nya.
    Cara Mengatasi Link Blog atau Website yang Diblokir Facebook
Apakah kedua cara tersebut benar-benar dapat mengatasi permasalahan anda? Kedua cara diatas berhasil membebaskan blog saya yang lainnya yaitu Sabi Download dari pemblokiran Facebook. Jadi, seharusnya juga bekerja dengan baik untuk anda.

Berapa Lama Pengajuan Akan Direspon?
Tergantung. Bisa beberapa hari atau paling lama seminggu. Jika hasilnya keluar, anda akan menerima notifikasi dari Facebook yang menjelaskan apakah pengajuan banding diterima atau tidak. Dari kebanyakan kasus, pengajuan banding diterima dan link blog bisa dibagikan lagi. Namun jika pengajuan banding anda ditolak, janga menyerah dan coba ajukan ulang.

Baca Juga
Share This :

0 comments